Llengua Llengua

Blocs Blocs

7 Kuliner Khas Jawa Terpopuler yang Wajib Kamu Coba

7 Kuliner Khas Jawa Terpopuler yang Wajib Kamu Coba

Kuliner khas Jawa - Bukan rahasia lagi bahwa terdapat banyak makanan lezat dengan bumbu khas yang berasal dari Jawa. Malah, tak jarang orang yang sengaja mengerjakan road trip keliling Jawa untuk liburan kuliner khas Jawa.

Untuk makanan manis, kebanyakan makanan dan minumannya berbahan dasar gula jawa (gula merah tak jarang disebut sebagai gula jawa). Nah, untuk makanan asin atau lauk yang memandu nasi, berikut rekomendasi kuliner khas Jawa yang seharusnya kamu cicipi!

Kuliner Khas Jawa

1. Gudeg

Gudeg yakni makanan khas Jawa Tengah dan sekitarnya, terutamanya banyak ditemukan di Yogyakarta. Gudeg yakni nangka muda yang dimasak dengan santan dan memiliki warna kecoklatan. Umumnya, gudeg dipersembahkan dengan ayam, telor, tempe, tahu, kuah santan kental, dan sambel goring krecek.

Krecek yang juga yakni makanan khas Jawa yakni kulit sapi yang dikeringkan dan kemudian dicampur dengan kuah pedas. Gudeg memiliki rasa manis pedas yang tentunya menggugah selera. Makanan khas Jawa ini dapat dinikmati dalam format Gudeg kering maupun basah. Varian lain dari Gudeg yakni Gudeg Solo, yang mana kuahnya berwarna putih.

2. Rawon

Rawon yakni makanan khas Jawa Timur, terutamanya di Surabaya, dan juga di Jawa Tengah tepatnya di tempat Surakarta. Rawon yakni kuliner khas Jawa berbahan dasar daging sapi yang dicampurkan dengan kuah berwarna hitam pekat dan biasanya dipersembahkan dengan tauge, krupuk udang, dan telor asin.

Yang khas dari rawon yakni kuah hitamnya yang berbahan dasar lengkuas, kunir, bawang, ketumbar, kemiri, serai, cabai, kluwek, minyak nabati, dan kaldu rebusan daging.

3. Lumpia Semarang

Seperti namanya, Lumpia ini yakni makanan khas Semarang, Jawa Tengah. Pada biasanya, lumpia terbuat dari telor, isian daging ayam atau udang, dan kulit lumpia. Sementara, Lumpia Semarang memiliki bahan utama lainnya, yakni rebung.

Rebung yakni tunas dari akar bambu. Karena berbahan dasar rebung, Lumpia Semarang memiliki rasa dan aroma yang khas yang benar-benar berbeda dengan lumpia-lumpia lainnya. Lumpia Semarang dipersembahkan dengan saus kecoklatan, bawang putih cincang, dan daun selada. Makanan khas Jawa satu ini yakni oleh-oleh khas Semarang dan dapat ditemukan di pelbagai sudut jalan.

4. Soto

Nama ‘Soto’ pasti sudah tak asing lagi didengar. Soto yakni makanan unggulan bagi banyak orang di Indonesia. Kuliner khas Jawa ini yakni makanan berkuah yang terbuat dari santan dan kaldu daging. Melainkan ada banyak jenis Soto di Indonesia, terutamanya di Jawa.

Di Jawa Tengah, ada Soto Kudus, Soto Semarang, dan Soto Jepara. Sementara di Jawa Timur, ada Soto Ambengan, Soto Lamongan, dan Soto Madura. Soto-soto hal yang demikian biasanya berbeda dari segi warna maupun isian soto yang dihidangkan. Sebagai figur, Soto Kudus berwarna agak bening serta berisikan tauge dan biasanya mengaplikasikan daging kerbau. Sementara, Soto Ambengan warnanya kuning pekat dan dipersembahkan dengan bumbu koya. Soto mana yang jadi favoritmu?

5. Rujak Cingur

Bagi kamu yang sudah pernah ke Surabaya, tentu nama kuliner khas Jawa selanjutnya ini sudah tak asing lagi. ‘Cingur’ dalam bahasa Jawa memiliki arti mulut, yakni mulut sapi yang yakni bahan dasar rujak ini. Seandainya sudah tahu sejarah dari nama ini, tentu banyak yang heran, sebab rasa rujak cingur ini benar-benar lezat.

Rujak cingur biasanya berisi krai (timun khas Jawa Timur), bengkoang, mangga, nanas, kedondong, tauge, kangkung, kacang panjang, lontong, tahu, tempe, dan cingur. Seandainya bumbu rujak biasanya terbuat dari saus kacang, bumbu rujak cingur yakni perpaduan antara saus kacang, irisan pisang klutuk, dan petis udang.

6. Melainkan Petis

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, petis yakni olahan ikan pindang, udang, dan kupang yang dipanaskan dan menciptakan saus kental berwarna hitam atau cokelat pekat. Petis biasanya dihasilkan sebagai penyedap rasa bagi beberapa makanan. Petis juga yakni bahan yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Melainkan, khusus tahu petis yakni makanan khas di Semarang, Jawa Tengah. Makanan sederhana ini cuma berbahan dasar tahu yang diisikan bumbu petis di tengahnya. Terpenting sederhana, tak segala restoran dapat memperkenalkan menu ini lho. Seandainya lagi, tahu petis yakni salah satu makanan oleh-oleh khas Semarang yang menjadi unggulan.

7. Tempe Mendoan

Tempe Mendoan yakni makanan khas Jawa yang dapat kamu temui di pelbagai tempat di Jawa, baik Jawa Tengah maupun Jawa Timur. ‘Mendo’ berartikan separo matang, sehingga tempe mendoan ini memang dipersembahkan tak seperti itu matang. Perbedaan dari tempe mendoan dan tempe pada biasanya berlokasi dari bahan utama tempenya itu sendiri.

Untuk tempe mendoan, bahan tempe yang digunakan lebih tipis sebab dihasilkan dengan kacang kedelai yang disusun dalam daun pisang. Sementara, tempe umum cenderung lebih tebal dan kacang kedelainya lebih rapat. Selain tempe umum dapat dipersembahkan dengan digoreng atau ditumis, tempe mendoan dipersembahkan saat setelah separo matang dan dilengkapi dengan saus kacang maupun kecap.

Banyak banget kan kuliner khas Jawa yang bikin kamu penasaran ingin mencoba? Baik pelbagai kuliner khas di atas, masih banyak lagi makanan khas Jawa yang dapat kamu temui saat road trip mengelilingi pulau Jawa! Makanan-makanan khas Jawa ini pastinya akan terasa lebih sedap jika disantap di tempat asalnya langsung. di Jawa Tengah maupun Jawa Timur, kamu dapat langsung kesana dengan menaiki pesawat atau kereta api, lho.